Calon Peserta Didik Baru MAN 1 Kab. Gorontalo saat menjalani wawancara dan tes baca Al-Qur’an.

KABGOR (man1kabgorontalo.sch.id) – Secara bergilir, calon Peserta Didik Baru (PDB) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kabupaten Gorontalo (Kabgor) jalani proses wawancara dan tes baca Al-Qur’an tatap muka pada masing-masing ruangan yang telah disediakan panitia PPDB. Agenda tersebut berlangsung dari tanggal 20 Mei sampai dengan 8 Juni 2021 dengan pembatasan jumlah peserta 40 (empat puluh) orang per hari terbagi dalam 4 (empat) bilik, yakni 2 bilik untuk tes wawancara dan 2 bilik tes baca Al-Qur’an berbasis komputer.

Hal itu dijelaskan Sekretaris Panitia PPDB Karsum Kadir saat diwawancarai humas madrasah di sekretariat panitia, Kamis (20/5/2021). Karsum juga mengungkapkan, panitia akan memberikan dispensasi kepada calon peserta yang belum sempat mengikuti tes sesuai jadwal dikarenakan sakit atau masih berada diluar kota dengan mengubah waktu pelaksanaan sehingga dapat menjalaninya di lain waktu.

“Di hari pertama ini ada beberapa peserta yang belum sempat jalani wawancara dan tes baca Al-Qur’an dengan alasan sakit dan masih diluar kota. Kepada mereka kami beri kebijakan untuk mengikutinya dalam tenggang waktu tertentu. Tentunya ini kami laksanakan demi kenyamanan dan keamanan bersama agar semua pendaftar memperoleh kesempatan yang sama dalam mengikuti proses seleksi PDB di MAN 1 Kab. Gorontalo,” jelas Karsum.

“Adapun ketentuan dalam tes baca Al-Qur’an, peserta tidak diijinkan menggunakan Al-Qur’an pribadi dan wajib menggunakan Al-Qur’an madrasah. Dalam tes tersebut, calon peserta diuji kemampuannya mulai dari kelancaran membaca Al-Qur’an sesuai dengan tajwid berdasarkan hukum bacaan Mad Thabi’i (Mad Asli), tanda baca  (Syakal), Alif Lam Syamsiyah, Alif Lam Qamariyah dan Makharijul Huruf (tempat keluarnya huruf atau letak pengucapan huruf hijaiyah),” terang Karsum lagi.

Di akhir penyampaiannya, Karsum Kadir menambahkan, pada instrumen wawancara calon peserta diberikan sejumlah pertanyaan untuk melihat seberapa besar minatnya bergabung dengan keluarga besar MAN 1 Kab. Gorontalo. Tidak hanya itu saja, keahlian lain berupa minat bakat maupun prestasi dalam bidang sains, olahraga, seni, kegamaan dan bahasa juga masuk dalam item yang diwawancarai untuk mendeteksi potensi pribadi calon peserta didik untuk memudahkan panitia PPDB dan bagian Kepesertadidikan memetakan peserta didik sesuai dengan potensinya.  (Vhany/raya/R@ja)

Wawancara dan Tes Baca Al-Qur’an Awali Proses Seleksi PDB MAN 1 Kabgor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error

Bagikan

Follow by Email
YouTube