MAN 1 KABUPATEN GORONTALO

MAN 1 KABUPATEN GORONTALO

Tim Monev PIP, TPG, BOS & EMIS Sambangi MAN 1 Kabgor

Penyambutan Tim Monev Kankemenag Kab. Gorontalo di Ruang Kepala MAN 1 Kab. Gorontalo, Jum’at (16/9/2022).

KABGOR (Kemenag.go.id) – Dalam rangka memantau kelancaran dan efektivitas penggunaan anggaran madrasah yang dibiayai oleh pemerintah, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kabupaten Gorontalo (Kabgor) disambangi Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kab. Gorontalo yang dipimping langsung Kakankemenag Mahmud Y. Bobihu.

Monev dilakukan untuk mengumpulkan informasi tentang pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Program Indonesia Pintar (PIP), Tunjangan Profesi Guru (TPG),dan Emis di madrasah baik dari ketepatan penggunaan anggaran dan juga ketepatan pelaporan keuangan. Informasi tersebut dapat juga berupa permasalahan dalam proses pelaksanaannya. Hasil monev nantinya akan menjadi bahan masukan untuk perbaikan madrasah itu sendiri.

Demikian dijelaskan Kepala MAN 1 Kab. Gorontalo Rommy Bau saat diwawancarai awak humas usai menyambut Tim Monev di Ruang kerjanya, Jum’at (16/9/2022).

“mereka (Tim Monev) datang bukan untuk mencari kesalahan laporan madrasah, tapi memeriksa apakah proses penyaluran/penggunaan anggaran kita sudah sesuai dengan juknis atau aturan yang berlaku. Namanya menggunakan uang Negara berarti harus dapat dipertanggungjawabkan melalui kerja nyata yang tepat sasaran dan tepat guna serta dibuktikan secara administrasi dalam Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ),” jelas Rommy

“hasil monev nantinya jadi bahan masukan buat madrasah untuk perbaikan pengelolaannya kedepan. Sebagaimana tujuannya, program PIP merupakan bantuan pemerintah dikhususkan bagi peserta didik yang kurang mampu begitupun dengan BOS. Dana BOS ini merupakan program pemerintah dalam mencerdaskan anak bangsa, oleh karena itu setiap pemanfaatan anggaran ini bisa dimaksimalkan dan dikelola dengan baik,” imbuhnya lagi.

Sementara itu ditemui secara terpisah, pengelola keuangan MAN 1 Kab. Gorontalo Shopni Hulinggi mengatakan, sebagian besar LPJ yang diperiksa tidak menemui masalah, hanya saja ada sedikit persoalan yaitu BOS msh terkendala karena adanya blokir dari pemerintah pusat, sehingga dananya blum bisa dicairkan meskipun kegiatannya sudah dilaksanakan.

“Alhamdulillah semua pemeriksaan lancar dan terlaksana dengan baik, ini juga berkat kerjasama kita semua baik dari staf TU maupun tenaga pendidik. Kami mengucapkan banyak terima kasih atas masukan dari tim Monev hari ini, semoga hasil baik yang didapatkan bisa dijadikan tolak ukur dan acuan pengelolaan anggaran serta memotivasi kita semua dalam mengelola dana BOS, PIP, TPG dan EMIS,” harap Shopni mengakhiri wawancara kala itu. (Vhany)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *