Terapkan Ilmu Pengetahuan, Guru MAN 1 Kabgor Racik Hand Sanitizer

...

KABGOR (man1kabgorontalo.sch.id) – Al’ilmu bila ‘amalin kassyajari bila tsamarin (Ilmu tanpa amal laksana pohon tak berbuah), sehingganya wajib bagi kalangan pendidikan untuk menerapkan dan mengimplementasikan ilmu pengetahuan maupun keterampilan yang dimiliki untuk diri sendiri maupun untuk orang lain.

Hal itu disampaikan Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kabupaten Gorontalo (Kabgor) Rommy Bau saat menerima hand sanitizer yang diracik oleh salah seorang guru mata pelajaran Kimia Munifah Buhungo di ruang kerjanya, Senin (23/03/2020).

“Ini namanya memberikan solusi tanpa mempersulit keadaan. Apalagi sekarang stok hand sanitizer di pasaran kosong, bahkan jika ada, harganya meroket setelah adanya pandemic covid-19,” ungkap Rommy.

“Sebagai kepala madrasah, saya sangat mendukung ini dan silahkan gunakan bahan-bahan yang ada di laboratorium untuk memproduksi lebih banyak lagi demi kemaslahatan kita bersama. Penerapan ilmu yang dimiliki sangat dibutuhkan karena kualitas ilmu seseorang justru akan semakin baik dan meningkat ketika diiringi dengan ketulusan berbagi ilmu dengan orang lain, bahkan bisa bermanfaat bagi orang banyak,” tandas Rommy

Sementara itu, Munifah mengemukakan bahwa hand sanitizer tersebut sengaja dibuat sebagai alternative bahan untuk memenuhi kebutuhan civitas madrasah dalam hal pencegahan berbagai penyakit diakibatkan oleh mikroorganisme yang berada di area tangan, selain dengan mencucinya menggunakan sabun. Produk itu menurutnya dapat digunakan ketika sulit menemukan air bersih dan sabun untuk mencuci tangan.

“Tangan adalah salah satu bagian tubuh yang banyak memaparkan kuman dan mikroorganisme berbahaya ke tubuh, baik secara sengaja maupun tidak sengaja melalui sentuhan ke mulut, mata, hidung, dan bagian tubuh lainnya. Itu sebabnya disaat sibuk bekerja, kita dapat menggunakan hand sanitizer untuk membersihkan tangan tanpa harus bolak balik mencuci tangan,” terang Munifah.

“Adapun bahan yang digunakan untuk membuat hand sanitizer ini diantaranya adalah Etanol/Alkohol 96% sebagai desinfektan, Hidrogen Peroxida (H2O2) gunanya untuk membunuh bakteri/mikroba, aquades dan Gliserol 98% untuk melembabkan. Hand sanitizer ini dibuat sesuai standar World Health Organisation (WHO),” pungkasnya. (Vhany/raya/R@ja)

Tinggalkan Balasan