Kepala MAN 1 Kab. Gorontalo Rommy Bau saat memberikan sosialisasi Bahaya Anemia dan Kesehatan Remaja kepada peserta didiknya.

KABGOR (man1kabgorontalo.sch.id) – Anemia dapat menyebabkan kurangnya konsentrasi belajar bagi generasi muda, daya tahan tubuh menurun, mudah terserang penyakit hingga menghambat pertumbuhan tubuh. demikian terang Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kabupaten Gorontalo (Kabgor) Rommy Bau saat berikan materi pada Sosialisasi Bahaya Anemia bagi Remaja yang diikuti oleh seluruh peserta didik secara virtual, Kamis (24/09/2020).

Sosialisasi tersebut merupakan rangkaian pemenuhan tugas peserta Pelatihan Gizi dan Kesehatan Remaja yang diselenggarakan oleh SEAMEO RECFON (Southeast Asian Ministers of Education Organization Regional Centre for Food and Nutrition) bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dan Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Kementerian Agama RI.

Tak sendiri, Rommy juga didampingi dua pemateri lainnya yakni Yuli Ernawati dan Herlina Rahman. Lebih lanjut dalam paparannya, Rommy menjelaskan, Anemia sering dianggap remeh oleh banyak orang terlebih para remaja. Padahal penyakit itu dapat menjadi ancaman timbulnya penyakit lain dan berdampak buruk bagi tubuh.

“Berdasarkan survei nasional terdapat 22.7% remaja perempuan dan 12.4% remaja laki-laki mengalami anemia. Anemia tidak boleh dianggap remeh karena banyak ancaman yang mengintai bila dibiarkan. Seseorang yang mengalami Anemia akan mudah merasakan 5 L, yakni lemah, letih, lesu, lelah, dan lunglai yang berlebihan, sangat  bahaya jika tidak cepat diatasi,” jelas Rommy.

Sementara itu, pemateri lain Yuli Ernawati menerangkan kiat-kiat yang dapat dilakukan agar remaja terhindar dari Anemia. Menurutnya yang harus dilakukan adalah dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari.

Yuli Ernawati juga berpesan agar peserta didik MAN 1 Kab. Gorontalo memperhatikan terus asupan gizi yang masuk dalam tubuh, menjaga pola hidup bersih dan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi agar terhindar dari Anemia.

“Anemia timbul akibat kurang mengkonsumsi makanan yang kaya zat besi. Oleh sebab itu, perbanyaklah mengkonsumsi sayuran hijau, makanan yang mengandung B12, makanan yang mengandung asam folat, dan makanan yang mengandung vitamin C,” terang Yuli. (Yuli-Vhany/raya/R@ja)

Tinggalkan Balasan