Kepala MAN 1 Kab. Gorontalo Rommy Bau bersama Civitas MAN 1 Kab. Gorontalo saat mengikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila secara virtual.

KABGOR (man1kabgorontalo.sch.id) – Kamis (01/10/2020) masih dengan penerapan protokol kesehatan, bertempat di aula madrasah, para pendidik dan tenaga kependidikan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kabupaten Gorontalo (Kabgor) yang sedang dalam jadwal Work From Office (WFO), mengikuti upacara Hari Kesaktian Pancasila secara virtual melalui streaming Youtube channel Kemendikbud RI. Sementara pendidik dan pegawai yang menjalani WFH mengikuti upacara dari rumah masing-masing juga melalui live streaming.

Meskipun upacara tersebut berlangsung secara virtual dan diikuti melalui streaming youtube, namun tetap berlangsung dengan khidmat dan tidak mengurangi rasa nasionalisme para pendidik dan tenaga kependidikan pada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Kegiatan yang rutin diperingati setiap tahun tersebut, merupakan hari bersejarah bagi bangsa Indonesia setelah usaha percobaan penggantian ideologi pancasila menjadi paham komunis berhasil digagalkan.

Ditemui seusai melaksanakan upacara, Kepala MAN 1 Kab. Gorontalo Rommy Bau menyampaikan, pelaksanaan upacara virtual itu sesuai dengan surat edaran Mendikbud RI tentang penyelenggaraan upacara Hari Kesaktian Pancasila, yang dipertegas lagi dengan edaran Menteri Agama RI Nomor 3576 tahun 2020, yang mewajibkan semua satuan pendidikan untuk mengikuti upacara peringatan Kesaktian Pancasila yang dilaksanakan di Monumen Pancasila Sakti, Jakarta secara virtual dari kantor/madrasah masing-masing.

Lebih lanjut menurut Rommy, Kesaktian Pancasila menjadi wujud kebersamaan warga negara pada umumnya, dan warga MAN 1 Kab. Gorontalo pada khususnya, yang dilandasi semangat dalam menjaga nilai-nilai luhur ideologi Pancasila demi memperkokoh keutuhan dan tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Upacara yang bertemakan Indonesia Maju Berlandaskan Pancasila ini diharapkan dapat membulatkan tekad warga MAN 1 Kab. Gorontalo untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan, keadilan demi NKRI,” tutur Rommy.

Menutup penyampaiannya Rommy mengatakan, khusus bagi kaum milenial, peringatan Hari Kesaktian Pancasila menjadi bagian dari pembelajaran akan pentingnya mengetahui sejarah perjuangan bangsa dan menjaga serta memperkokoh pemahaman Pancasila sebagai dasar Negara. (Vhany/raya/R@ja)

Tinggalkan Balasan