MAN 1 KABUPATEN GORONTALO

MAN 1 KABUPATEN GORONTALO

Sambangi MAN 1 Kabgor, Pokjawas Pantau Kesesuaian Soal AMBKA dengan Juknis

Pokjawas Kemenag Kab. Gorontalo bersama Panitia UMBKA MAN 1 Kabgor

MARISAPA (man1kabgorontalo.sch.id) – Pelaksanaan Asesmen Madrasah Berbasis Komputer / Android (AMBKA) di MAN 1 Kab. Gorontalo mendapat kunjungan monitoring dari tim Kelompok Kerja Pengawas (Pokjawas) Kementerian Agama Kab. Gorontalo pada Selasa, 19 Maret 2024.

Tim yang dikoordinir langsung oleh Pengawas Bina Heriyanto Dalanggo tersebut bertujuan untuk melakukan pemantauan sekaligus pendampingan proses asesmen di madrasah khususnya melihat kesesuaian soal yang digunakan apakah telah sesuai dengan petunjuk teknis AMBKA TP 2023/2024.

Hal ini disampaikan Heri sapaan akrab pengawas bina MAN 1 Kabgor saat diwawancarai humas didepan Sekretariat AMBKA. Menurutnya, monitoring Asesmen itu sudah bagian dari tugas pengawas untuk melihat hasil validasi soal yang diberikan kepada peserta telah mengacu pada juknis atau tidak.

“Fokusnya kita adalah melihat apakah ada kesesuaian bentuk soal yang keluar dengan hasil validasi berdasarkan juknis. Walaupun sudah selesai validasi dari pengawas namun validator terakhirnya yaitu soal yang dikerjakan peserta didik saat ini. Berdasarkan juknis itu, soal yang dibuat minimal 3 bentuk dari 7 bentuk soal asesmen tertulis yaitu Pilihan Ganda, Pilihan Ganda Kompleks, Benar Salah, Setuju tidak setuju, Menjodohkan, Isian, dan Uraian,” terang Heri

“Kemudian untuk soal yang berbasis literasi juga harus memperhatikan stimulus yang diberikan sesuai dengan pokok soalnya. Harapannya adalah asesmen tersebut tidak hanya berorientasi pada angka atau nilai tetapi isi soalnya memberikan tambahan pengetahuan/kompetensi bagi peserta ketika membacanya. Dalam artian ada ilmu atau informasi yang didapat peserta serta karakter yang terbentuk akibat membaca soal itu,” imbuhnya.

Berkaitan dengan kunjungan tersebut, salah seorang panitia UMBKA Karsum Kadir tak lupa menghaturkan terima kasih kepada tim yang turun langsung memantau proses pelaksanaan AMBKA di MAN 1 Kab. Gorontalo. Memasuki hari kedua asesmen pada dasarnya berjalan lancar, efektif, dan efisien, meskipun sedikit mengalami hambatan teknis pada aplikasi yang digunakan namun semua dapat teratasi dan terlaksana sebagaimana ketentuan pada Prosedur Operasional Standar (POS) Penyelenggaraan AMBKA Tahun Pelajaran 2023/2024.

“Kami haturkan banyak terima kasih atas kesediaan waktu dan juga informasi yang dibagikan kepada kami demi kelancaran dan kesuksesan asesmen di madrasah ini. Kita berharap semoga hasilnya memuaskan karena ini juga termasuk upaya peningkatan kualitas prestasi peserta didik dan kompetensi tenaga pendidik di madrasah,” tutur Karsum. (Vhany)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *