MAN 1 KABUPATEN GORONTALO

MAN 1 KABUPATEN GORONTALO

Program Riset MAN 1 Kabgor Gelar Seminar Laporan Hasil Penelitian

Presentasi proposal hasil penelitian program unggulan riset MAN 1 Kabupaten Gorontalo

MARISAPA (man1kabgorontalo.sch.id) – Menjelang wisuda program unggulan Tahun 2024, Program Riset Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kabupaten Gorontalo menggelar Seminar Laporan Hasil Penelitian di Ruang Aula Workshop Keterampilan dan Pembelajaran.

Presentasi laporan hasil peneilitan berlangsung sejak pertengahan bulan Januari hingga akhir Februari tersebut turut melibatkan Kepala Madrasah dan pendidik sebagai penguji untuk Angkatan 6, Angkatan 7, dan Angkatan 8. Demikian penyampaian salah seorang Pembina riset MAN 1 Kabgor Sri Windi Akuba saat diwawancarai humas, Senin (18/2/2024).

“Kegiatan ini diikuti oleh peserta didik yang tergabung pada program unggulan riset semua angkatan sebagai syarat mereka untuk meraih gelar peneliti tingkat 1, tingkat 2, dan tingkat 3. Seminar menghadirkan para Pembina program unggulan, Kepala Madrasah dan juga pendidik lain yang memiliki ahli dalam bidang tertentu untuk menjadi penguji dan memberikan masukan sekaligus saran untuk perbaikan karya mereka,” tutur Windi

“Setiap hari kami jadwalkan 1 tim memaparkan laporannya baik secara individual ataupun berkelompok (2 orang). Total peserta berjumlah 17 peserta dengan 11 judul penelitian yang terdiri dari beberapa bidang diantaranya bidang Matematika, Sains & Teknologi (MST), Ilmu Sosial Humaniora (ISH), dan Fisika Terapan (FTR). Menurut saya, perjuangan anak-anak selama kurang lebih 2,5 tahun untuk meraih gelar peneliti tidak sia-sia belaka, segala suka duka yang dilalui kini berbuah manis. Tuntutan karya dapat terselesaikan meskipun harus melewati sejuta tawa dan air mata perjuangan,” imbuhnya lagi

Ia berharap pengalaman dan juga skill yang didapat semoga memberikan manfaat bagi masa depan anak-anak khususnya kepada peserta yang akan melanjutkan Pendidikan ke perguruan tinggi. Teknik penyusunan baik dalam kemampuan mencari jurnal, menyusun proposal hingga laporan penelitian pastinya akan memudahkan masuk dalam dunia perkuliahan. Secara tidak langsung seminar laporan melatih kemampuan public speaking para peserta didik. (Rinna-Vhany)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *