MAN 1 KABUPATEN GORONTALO

MAN 1 KABUPATEN GORONTALO

Pesdik Kelas XII MAN 1 Kabgor Ikuti AMBKA T.P 2023/2024

Kepala MAN 1 Kab. Gorontalo Rommy Bau saat mendampingi Kakankemenag meninjau pelaksanaan Asesmen Madrasah

Marisapa (man1kabgorontalo.sch.id) – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kabupaten Gorontalo menggelar Asesmen Madrasah Berbasis Komputer/Android (UMBKA) untuk seluruh peserta didik kelas XII semua jurusan pada Senin (18/03/2024).

AMBKA merupakan alat untuk mengukur capaian perkembangan peserta didik diakhir jenjang pendidikan. Asesmen pula termasuk salah satu syarat penentu kelulusan sehingga wajib diikuti oleh peserta kelas XII.

Hari pertama AMBKA di MAN 1 Kabgor tersebut mendapat kunjungan Monitoring dan Evaluasi dari Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Gorontalo Imam S. Pairin bersama tim untuk meninjau proses jalannya Asesmen dan berdialog langsung dengan peserta sekaligus memberikan support agar peserta didik mengerjakan soal dengan baik dan teliti serta menjaga kejujuran.

Terkait dengan Asesmen, menurut laporan Wakil Kepala Madrasah bidang Kurikulum Ulfa Pango, AMBKA akan berlangsung selama kurang lebih 2 pekan dari tanggal 18 s.d 27 Maret 2024 dengan total keseluruhan peserta sebanyak 179 orang. Teknis pelaksanaan masih berbasis online menggunakan platform e-learning dan exam browse. Sementara itu untuk lokasinya memanfaatkan Laboratorium Komputer bagi peserta yang terkendala dengan perangkat Android atau jaringan internet/wifi.

Keseluruhan teknis pelaksanaan tersebut mengacu pada Panduan Operasional Standar Penyelenggaraan Asesmen Madrasah Tahun Pelajaran 2023/2024 mulai dari pemilihan bentuk soal, mode pelaksanaan ujian, hingga waktunya.

”Sesuai dengan regulasi dan panduan AM, setiap bilik ujian diisi oleh 20 peserta sehingga dari total 179 orang ini mereka semua kami bagi dalam 11 bilik. Selain itu, guna memastikan kelancaran prosesnya setiap ruangan dijaga oleh satu orang pengawas. Jumlah mata pelajaran yang diujikan sebanyak 19 mapel, 3 diantaranya sudah lebih dulu dilaksanakan melalui asesmen praktik untuk 3 mapel yakni Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK), Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU), dan Seni Budaya,” jelas Ulfa

Setelah memantau Asesmen, Kakankemenag kemudian diajak Kepala Madrasah Rommy Bau memberikan nasihat dan arahan pada kegiatan pembimbingan keagamaan bagi kelas X dan kelas XI yang sementara mengikuti pesantren Ramadhan di Mesjid Fastabiqul Khairat MAN 1 Kab. Gorontalo. (Vhany)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *