Kepala Madrasah dan Tim Perpustakaan Ibnu Rusyd MAN 1 Kab. Gorontalo usai menerima Tropy dan Bonus dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Gorontalo.

KABGOR (man1kabgorontalo.sch.id) – Setelah 2 (dua) tahun berturut-turut masuk kandidat lomba perpustakaan sekolah, akhirnya pada tanggal 02 Juni 2021 bertempat di Hotel Aston Gorontalo, Perpustakaan Ibnu Rusyd Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kabupaten Gorontalo (Kabgor) dinobatkan sebagai Juara III pada Lomba Perpustakaan Sekolah jenjang SLTA/MA se-Provinsi Gorontalo Tahun 2021, yang diselenggerakan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Gorontalo.

Perolehan tersebut meningkat dari hasil lomba tahun 2020 lalu, yang hanya mampu bertengger di posisi harapan II tingkat provinsi. Sehubungan dengan itu ketika diwawancarai di ruang perpustakaan pada Kamis (03/6/2021), Kepala Perpustakaan Nurmiyati menerangkan, juara bukan menjadi target utama, tapi bagaimana caranya dapat mengedukasi dan menguatkan budaya literasi warga madrasah dan masyarakat adalah hal yang penting baginya.

“Keberadaan perpustakaan yang merupakan bagian integral dari kegiatan pembelajaran, sekiranya harus berfungsi sebagai pusat sumber belajar dalam mewujudkan visi misi madrasah untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Adanya lomba ini memotivasi kami dalam memperbaiki mutu dan kinerja, serta meningkatkan peran perpustakaan dan budaya membaca untuk warga madrasah. Nah, hasil dari kerja keras ini adalah predikat yang kami peroleh,” terang Nurmi.

“Walaupun belum berkesempatan go nasional, kita tetap akan terus bersemangat menjadikan perpustakaan Ibnu Rusyd sebagai salah satu wadah bagi peserta didik mencari inspirasi dan berkreasi,” imbuhnya lagi.

Sementara itu, menanggapi hasil yang diperoleh Perpusatakaan Ibnu Rusyd, Kepala Madrasah Rommy Bau juga mengapresiasi usaha dan perjuangan seluruh warga MAN 1 Kab. Gorontalo dalam memajukan perpustakaan di madrasah. Rommy berharap perkembangan perpustakaan digital yang modern dan milenial akan menambah motivasi literasi pengunjung, khususnya peserta didik untuk mencapai prestasi yang gemilang.

“Perpustakaan adalah bagian yang tidak terpisahkan dari sistem pendidikan di madrasah. Oleh karena itu saya berharap transformasi digital perpustakaan difungsikan semaksimal mungkin, dengan memperbanyak koleksi bacaan yang baru, baik fisik maupun dalam bentuk e-book,” pungkasnya. (Vhany/raya/R@ja)

Perpustakaan Ibnu Rusyd MAN 1 Kabgor Berprestasi Lagi, Raih Peringkat III Tingkat Provinsi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error

Bagikan

Follow by Email
YouTube