MAN 1 KABUPATEN GORONTALO

MAN 1 KABUPATEN GORONTALO

Perluas Jejaring Perpustakaan, MAN 1 Kabgor Teken MoU dengan Ikatan Pustakawan Indonesia

Penandatanganan MoU antara MAN 1 Kab. Gorontalo dengan Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Provinsi Gorontalo

MARISAPA (man1kabgorontalo.sch.id) – Bertempat di Ruang Aula Workshop Keterampilan dan Pembelajaran, Jum’at (28/06/2024) Perpustakaan Ibnu Rusyd Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kabupaten Gorontalo menjalin kerjasama dengan Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Provinsi Gorontalo melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU).

MoU ini bertujuan untuk meningkatkan program literasi, kampanye membaca, dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di Perpustakaan Ibnu Rusyd MAN 1 Kab. Gorontalo. Penandatanganan MoU disaksikan oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Gorontalo Ridwan Hemeto, Kepala Perpustakaan Ibnu Rusyd bersama staf. Bertindak sebagai pihak pertama Ketua IPI Provinsi Gorontalo Feri Hulukati dan pihak kedua Kepala MAN 1 Kab. Gorontalo Rommy Bau.

Terkait acara tersebut, Kepala Perpustakaan Ibnu Rusyd MAN 1 Kab. Gorontalo Yeyen Thalib saat diwawancarai humas menerangkan, ruang lingkup kerjasama mencakup kegiatan pengembangan literasi bagi peserta didik, pelaksanaan kampanye minat baca, serta pendampingan/pelatihan.

“Kerjasama ini mencakup 3 hal yakni 1) upaya pengembangan program literasi bagi pemustaka khususnya peserta didik untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam mencari, mengevaluasi, dan menggunakan informasi secara efektif; 2) optimalisasi pelaksanaan kampanye minat baca dilingkungan madrasah; serta pemberian pendampingan / pelatihan dan dukungan pemanfaatan TIK bagi pengelola perpustakaan,” terang Yeyen

Sementara itu, Kepala Madrasah Rommy Bau menambahkan, semakin banyak relasi yang terjalin maka peluang untuk memajukan madrasah pun terbuka lebar. Melalui kerjasama tersebut, diharapkan kualitas layanan perpustakaan dapat meningkat secara signifikan sehingga memberikan dampak positif terhadap peningkatan minat baca dan literasi dikalangan peserta didik dan masyarakat umum.

“MoU ini merupakan langkah strategis untuk menghadirkan inovasi dalam upaya meningkatkan fungsi perpustakaan sebagai pusat informasi dan pengetahuan. Tentu kami berharap kolaborasi yang terjalin dapat memperluas aksesibilitas terhadap sumber belajar yang berkualitas dan mendukung pencapaian tujuan pendidikan di MAN 1 Kabupaten Gorontalo,” imbuhnya.

Kedua belah pihak sepakat mengimplementasikan program yang direncanakan bersama guna mencapai hasil yang optimal sesuai dengan visi untuk peningkatan literasi dan minat baca dikalangan generasi muda.

Penandatanganan MoU kemudian dilanjutkan dengan penyerahan Holder QR Talenta (Tantangan Literasi Gorontalo Tahun 2024 dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Gorontalo & IPI Provinsi Gorontalo kepada MAN 1 Kab. Gorontalo. (Vhany)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *