MAN 1 KABUPATEN GORONTALO

MAN 1 KABUPATEN GORONTALO

Pengelolaan PIP MAN 1 Kabgor jadi Sampel Audit Itjen Kemenag RI

Wawancara tim Auditor Itjen Kemenag RI dengan Penerima PIP MAN 1 Kab. Gorontalo

MARISAPA (man1kab.gorontalo.sch.id) – Program Indonesia Pintar (PIP) merupakan penyempurnaan dari program Bantuan Siswa Miskin (BSM) adalah bantuan tunai pendidikan yang menyasar peserta didik usia sekolah baik SD/MI, MTs/SMP, MA/SMA/SMK dari keluarga miskin dan rentan miskin.

Pelaksanaan program tersebut perlu dilakukan evaluasi untuk meningkatkan kualitas pengelolaannya agar tepat sasaran dan tepat waktu. Mengingat keterbatasan anggaran dengan jumlah penerima yang banyak, sehingga seleksi harus diperketat sesuai urutan yang lebih membutuhkan agar memperoleh hasil seleksi yang valid.

Hal demikian disampaikan Wakil Kepala Madrasah bidang Kesiswaan Yunita Fransiska Anis usai mendampingi tim audit dari Inspektorat Jendral Kementerian Agama Republik Indonesia (Itjen Kemenag RI), Jum’at kemarin (1/3/2024) di ruang Aula Kantor Kementerian Agama Kab. Gorontalo.

“Alhamdulillah Audit bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) MAN 1 Kabupaten Gorontalo oleh TIM Auditor berjalan lancar. Pemeriksaannya meliputi dokumen pengusulan penerima PIP, sosialisasi kepada para orang tua siswa, jumlah siswa yang layak sebagai penerima PIP, penggunaan dana, bukti buku rekening, dokumen penarikan dana oleh siswa di bank, Kartu Keluarga, surat keterangan layak menerima, surat lolos butuh bagi penerima yang sudah pindah sekolah, dan lain-lain,” kata Yunita

Berkaitan dengan itu pula, Kepala Madrasah Rommy Bau mengungkapkan pemanfaatan dana PIP akan mengatasi berbagai hambatan peserta didik dalam mengakses layananan pendidikan khususnya pada masalah ekonomi sehingga tidak ada yang namanya putus sekolah. Pemaparan hasil ekspose Program PIP harapannya mampu meningkatkan tata kelola layanan pendidikan sekaligus sebagai acuan dalam memaksimalkan penyaluran PIP yang tepat sasaran.

“Evaluasi ini bisa jadi acuan kami untuk perbaikan tata kelola dana PIP yang transparan, tepat waktu dan tepat sasaran. Tim auditor pun mewawancarai langsung orang tua dan penerima PIP terkait pencairan dan penggunaan dana PIPnya. Syukur Alhamdulillah MAN 1 Kab. Gorontalo semuanya lancar, oleh karena itu saya mengucapkan banyak terima kasih kepada operator madrasah, pendidik dan semua tim yang sudah melaksanakan tugasnya dengan baik,” ungkap Rommy. (Vhany)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *