MAN 1 KABUPATEN GORONTALO

MAN 1 KABUPATEN GORONTALO

Pengawas Bina MAN 1 Kabgor Berikan Bimtek Penyusunan Kisi-Kisi Soal AM

Pengawas Bina MAN 1 Kab. Gorontalo Heriyanto Dalanggo saat memberikan arahan pada Bimtek Penyusunan Kisi-kisi soal AMBKA dan Naskah Soal

MARISAPA (man1kabgorontalo.sch.id) – Jelang pelaksanaan Asesmen Madrasah bagi kelas XII Tahun pelajaran 2023 / 2024, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kabupaten Gorontalo menggelar Bimtek Penyusunan Kisi-Kisi Soal dan Naskah soal AM dibawah bimbingan langsung Pengawas Bina Heriyanto Dalango, pengawas madrasah kemenag kabupaten Gorontalo melaksanakan sosialisasi UM dan Bimbing.

Kegiatan yang bertempat di Aula Workshop Keterampilan dan Pembelajaran pada Jum’at (8/3/2024) itu diikuti oleh semua guru pengajar kelas XII.

Terkait kegiatan tersebut, Wakil Kepala Madrasah bidang Kurikulum menerangkan bahwa dalam rangka meningkatkan kualitas penyelenggaraan Asesmen Madrasah Berbasis Komputer / Android (AMBK/A) Tahun pelajaran 2023/2024 yang bersesuaian dengan Juknis Penyusunan Soal HoTS dari Kemenag RI, perlu mendapatkan pembinaan dari pengawas bina madrasah. Sebab pengawas bina ikut bertanggung jawab mensukseskan pelaksanaan Ujian Madrasah yang tidak lama lagi akan segera dilaksanakan.

“Dalam kesempatan ini pengawas bina berperan sebagai pembimbing bagi guru-guru dalam menyusun kisi-kisi dan membuat naskah soal sesuai kaidah dan pedoman yang benar. Semua peserta didik kelas XII dengan jumlah 179 peserta wajib mengikuti AMBK/A secara online pada tanggal 18 Maret nanti berdasarkan jadwal yang panitia berikan. Mengenai bentuk soalnya sesuai kesepakatan bersama bebas memilih 3 bentuk soal yang ada pada panduan AMBK/A,” terang Ulfa

Lebih lanjut Dirinya menambahkan, naskah soal tidak boleh mengandung unsur SARA, politik praktis, bertentangan dengan Pancasila, UUD 45, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI serta menghindari naskah soal yang malpraktek, terutama dalam jenis pilihan ganda.

Dalam kesempatan itu pula, harapan besar dari Pengawas Bina MAN 1 Kab. Gorontalo yang kerap disapa Heri tersebut yakni semoga para guru dapat menyusun kisi-kisi dan naskah soal AMBK/A sesuai pedoman dan kaidah penyusunan soal.

“Kisi-kisi disusun berdasarkan tujuan penggunaan tes dalam bentuk matriks yang berfungsi sebagai Panduan dalam penyusunan soal agar diperoleh soal yang valid ditinjau dari aspek isi materi (content validity) melalui kesesuaian antara cakupan materi, indikator, sub indikator sampai dengan butir soal dan membantu penyusun soal dalam menentukan proporsi jumlah soal sesuai dengan tingkat kesulitan materi sekaligus penentuan pembobotan penilaian. Saya rasa untuk kisi-kisi maupun kartu soal ini semua sudah berpengalaman tinggal menyesuaiakan saja dengan panduan yang ada. In syaa Allah diberikan kemudahan dan kelancaran untuk pelaksanaan AMBK/A di MAN 1 Kab. Gorontalo, aaamiiinn,” tandas Heri. (Yuli-Vhany)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *