MAN 1 KABUPATEN GORONTALO

MAN 1 KABUPATEN GORONTALO

Pasca Bimtek Penilaian Hasil Belajar, Rommy Tekankan hal ini!

Kepala MAN 1 Kabgor saat mengikuti Bimtek Penyusunan Instrumen Penilaian Hasil Belajar di Maqna Hotel By Prasanthi Kota Gorontalo
KABGOR (Kemenag.go.id) – Asesmen (penilaian) hasil belajar peserta didik diperlukan untuk melihat perkembangan proses pembelajaran yang telah dilakukan. Sejalan dengan itu, guna memaksimalkan implementasi kurikulum merdeka Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kabupaten Gorontalo (Kabgor) Rommy Bau mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan instrumen penilaian hasil belajar selama 2 hari sejak tanggal 5 – 7 September 2022.
 
Kegiatan yang berlangsung di Maqna Hotel By Prasanthi Kota Gorontalo tersebut diselenggarakan oleh Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Kementerian Agama RI dan diikuti para Kepala RA, MI, MTs, MA, Kasi Pendma, dan Ketua Pokjawas se Provinsi Gorontalo. 
 
Dalam wawancara singkat pasca bimtek via telephone bersama tim humas madrasah, Rabu (7/9/2022) Rommy menekankan bahwa orientasi  kurikulum merdeka jangan sampai hanya fokus pada administrasinya saja tapi lebih kepada proses dari tujuan pembelajaran. Selain itu, akhlak baik yang ditampakkan dalam proses belajar sehari-hari merupakan hal yang utama. 
 
“asesmen bertujuan untuk memberikan infomasi terhadap hasil capaian belajar peserta didik yang dapat dijadikan sebagai umpan balik bagi pendidik dalam memperbaiki konsep,  teknik maupun strategi pembelajaran di kelas,” tutur Rommy. 
 
“Standar penilaian kurikulum merdeka berbentuk formatif dan sumatif. Asesmen formatif memberikan infomasi mengenai hambatan atau kesulitan peserta didik mengikuti proses pembelajaran dimana hasil ini dapat digunakan pendidik untuk merevisi, mengubah, atau memodifikasi pembelajaran agar kompetensi peserta meningkat. Begitu pula dengan asesmen sumatif, instrumen ini meliputi tes akhir suatu periode pengajaran tertentu yang dirancang mampu merekam pencapaian keseluruhan secara sistematis,” imbuhnya lagi. 
 
“adanya bimtek ini semoga dapat mempertajam pengetahuan tentang konsep dan sistem penilaian yang benar serta mampu menggambarkan karakteristik perkembangan peserta didik pada umumnya,” pungkas Rommy. (Vhany) 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *