MAN 1 KABUPATEN GORONTALO

MAN 1 KABUPATEN GORONTALO

P5PPRA MAN 1 Kabgor Perkenalkan Proyek Green Curtain pada Peserta Didik

Pengenalan Proyek Green Curtain pada tahapan Orientasi P5PPRA kelas X MAN 1 Kab. Gorontalo

MARISAPA (man1kabgorontalo.sch.id) – Tema ”Gaya Hidup Berkelanjutan” menjadi pilihan pertama pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin (P5PPRA) semester genap di kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kabupaten Gorontalo (Kabgor) dengan topik ”Green Curtain”.

Green Curtain (Tirai Hijau) merupakan konsep inovasi teknologi tanaman yang digantung menggunakan jaring ijuk (Palm Fiber Net) untuk menciptakan kenyamanan suhu pada ruangan yang berbasis teknologi ramah lingkungan. Penerapan Green Curtain tidak hanya dapat memberikan solusi untuk masalah suhu tapi juga akan memberikan solusi mengenai masalah kurangnya vegetasi. Demikian disampaikan penanggungjawab Proyek 1 Rinna Amelia Polihito saat pemaparan materi pada Orientasi P5PPRA kelas X di Ruang Aula Workshop Keterampilan, Senin (15/1/2024).

“Dengan solusi ini diharapkan dapat mengembalikan keseimbangan suhu dan ekosistem menjadi lebih baik. Bukan hanya perlindungan dari cuaca dan suhu yang panas, namun juga kualitas udara dan oksigen yang lebih baik”, terang Rinna

“Adapun pemilihan tanaman hijau dalam pembuatan Green curtain karena Tanaman hijau memiliki peran penting terhadap keberlangsungan ekosistem di sekitar. Sesuai dengan  fungsinya yaitu menurunkan suhu udara, menyaring polusi yang terdapat pada udara, hingga meningkatkan kualitas udara dengan produksi Oksigen (O2), serta menciptakan rasa sejuk yang memberikan rasa nyaman”, imbuhnya lagi.

Sementara itu, mengenai kelengkapan  alat dan bahan yang diperlukan untuk proses pembuatan antara lain jaring ijuk (Palm fiber net) yang dijadikan sebagai media tempat merambatnya tumbuhan dan tumbuhan yang digunakan yaitu tumbuhan merambat seperti anggur, markisa, labu siam dan lain sebagainya. Dengan demikian, jika semua proyek berhasil maka akan menambah vegetasi tumbuhan yang menjadikan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kabupaten Gorontalo (Kabgor) lebih sejuk dan kualitas udara dan oksigen menjadi lebih baik. (Rinna-Vhany)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *