Masuk PERTI, BLP Peserta didik Kelas XII MAN 1 Kabgor Diserahkan

...
Wali kelas XII IPA 1 Munifah Buhungo menyerahkan raport kepada salah satu wali peserta didik

KABGOR (man1kabgorontalo.sch.id) – Buku laporan Pendidikan (BLP) peserta didik kelas XII Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kabupaten Gorontalo (Kabgor), Selasa (28/04/2020) diserahkan wali kelas kepada para orangtua ditengah masa darurat covid-19, tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Adapun untuk penyerahannya dimulai sejak tanggal 28 April sampai dengan waktu yang tidak ditentukan. Hal itu untuk membantu peserta didik dalam tahapan proses seleksi masuk perguruan tinggi. Sementara untuk lokasi pengambilan BLP disesuaikan dengan situasi dan kondisi, yakni dapat dilakukan di rumah maupun di madrasah, namun tidak sampai lebih dari 10 orang setiap harinya.

Terkait penyerahan BLP tersebut, Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum Ulfa Pango saat dihubungi awak Humas mengemukakan, percepatan penyerahan buku raport tersebut disebabkan karena salah satu yang menjadi persyaratan pendaftaran bagi beberapa peserta didik yang hendak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi adalah BLP. Olehnya, pengolahan dan pengisian Aplikasi Raport Digital (ARD) bagi kelas XII pun dilaksanakan sejak 2 pekan terakhir.

“Proses pengisian dan pengolahan ARD bagi guru mata pelajaran dan wali kelas sudah dimulai sejak 2 minggu kemarin, hal ini untuk mempercepat penyerahan raport yang akan digunakan oleh peserta didik mendaftar pada perguruan tinggi (Perti) yang diinginkan,” ungkap Ulfa.

Hal senada juga disampaikan guru Bimbingan Konseling (BK) MAN 1 Kab. Gorontalo Ervina Mahmud yang selalu membantu peserta didik mengikuti seleksi melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) maupun Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) atau sejenisnya. Menurutnya, nilai raport tersebut digunakan untuk menghitung rata-rata nilai semester 1 sampai dengan semester 6, sekaligus juga untuk pemasukkan berkas bagi peserta yang dinyatakan lulus jalur SNMPTN dimana informasi batas pendafaran ulang akan berakhir pada Kamis tanggal 30 April 2020.

“Di BK itu ada yang namanya bimbingan karier, jadi dengan membantu mereka masuk ke perguruan tinggi sudah include didalamnya materi tersebut. Sementara untuk nilai rata-rata sendiri, sangat dibutuhkan saat registrasi online karena termasuk dalam format yang wajib diisi.

Tidak hanya itu saja, peserta didik yang telah lulus jalur prestasi (SNMPTN) batas pemasukkan berkas hanya sampai akhir bulan April ini. Nah, raport ini adalah salah satu persyaratan yang harus dimasukkan. Sehingga perlu segera diserahkan ke mereka melalui orangtua/wali,” tutur Vina. (vhany/raya/R@ja)

Tinggalkan Balasan