MAN 1 Kabgor Kebut Pembangunan Proyek SBSN 2020

...Kepala MAN 1 Kab. Gorontalo Rommy Bau dampingi Plt. Kakanwil Hamka Arbie dan Korwil UKPBJ Dochmi Lachmudin bersama tim teknis di pertemuan pelaporan hasil desain akhir konstruksi dan RAB oleh Konsultan Perencana

KABGOR (man1kabgorontalo.sch.id) – Memasuki tahap akhir perencanaan, proyek pembangunan Gedung Workshop Keterampilan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kabupaten Gorontalo (Kabgor) diusahakan selesai sebelum akhir tahun. Terkait dengan hal itu, bertempat di aula madrasah, Rabu (11/03/2020) Konsultan Perencana melaporkan hasil desain akhir konstruksi dan Rencana Anggaran Belanja (RAB) yang telah dikonsultasikan dengan pihak Direktorat Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Republik Indonesia di Manado pada pekan kemarin.

Pelaporan hasil perencanaan itu turut dihadiri Plt. Kepala Kantor Wilayah (Plt. Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag)  Provinsi Gorontalo H. Hamka Arbie, Koordinator Wilayah (Korwil) Unit Kerja Penyelenggara Barang dan Jasa (UKPBJ) yang juga sebagai Kepala Sub Bagian Keuangan (Kasubbag) Kanwil Kemenag Provinsi Gorontalo H. Moh. Dochmi Lachmudin, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah (Kabid PenMad) Hj. Fitriyani Humokor, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), dan Tim Konsultan Perencana.

Diwawancarai awak Humas madrasah pasca kegiatan pelaporan hasil oleh Konsultan Perencana, Plt. Kakanwil Kemenag Provinsi Gorontalo H. Hamka Arbie menyampaikan, percepatan pembangunan Gedung Workshop sangat diharapkan oleh semua pihak, mengingat semakin dekatnya bulan Ramadhan. Menurutnya pula, jika hasil desain dan RAB sudah jelas, maka harus segera ditetapkan agar proses tayang dan lelang dapat dilaksanakan sesegera mungkin.

“Pembangunan gedung workshop semakin cepat akan semakin baik, namun saya mengimbau agar pelaksanaan kontraknya dimulai setelah bulan puasa, ini supaya lebih efektif. Dengan harapan semoga pelaksanaannya kelak tidak akan ada kendala dan berjalan dengan lancar tentunya,” tutur Hamka.

Mendukung pernyataan Plt. Kakanwil untuk mempercepat pembangunan gedung workshop, Korwil UKPBJ, Moh. Dochmi menegaskan, percepatan pelaksanaan tender dapat mendukung cepat terlaksananya bangunan gedung sesuai dengan yang diharapkan. Olehnya, secara perlahan dokumen kelengkapan harus disiapkan, sekaligus pemilihan pengawas yang akan mengawal pembangunan tersebut.

Berkaitan dengan tugasnya sebagai Kepala Sub Bagian Keuangan, Dochmi menjelaskan bahwa visi pelaksanaan pembangunan SBSN ada dua, pertama yakni bagaimana bantuan SBSN di Provinsi Gorontalo tahun 2020 berakhir sebelum tahun anggarannya selesai, dan yang kedua adalah realisasi anggaran disesuaikan dengan rencana awal serta jadwal yang sudah ditargetkan, yakni harus selesai di awal bulan November.

“Sisa waktu setelah Oktober nanti akan digunakan untuk evaluasi dan merampungkan finishing bangunan, tujuannya agar anggaran ini dapat diserap semaksimal mungkin, sesuai dengan waktu yang ditentukan serta sesuai dengan hasil perencanaan,” tegas Dochmi.

Sementara itu, menanggapi hasil laporan akhir dari Konsultan Perencana, Kepala MAN 1 Kab. Gorontalo Rommy Bau yang juga selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), sangat berharap kepada tim konsultan agar benar-benar memperhatikan secara detail setiap hasil yang sudah dibuat. Sehingga walaupun pekerjaannya dikebut, namun tidak mengabaikan pemanfaatan dan kualitas output akhirnya.

“Kiranya dalam pembangunan gedung workshop ini benar-benar mendapatkan perhatian kita semua, utamanya Konsultan Perencana sebagai penyedia software dan brainware suatu proyek, yang dari awal melakukan penyesuaian lapangan dan bangunan, merencanakan gambar dan pekerjaan guna keberhasilan dan kesuksesan pembangunan gedung. Dengan anggaran yang besar harusnya kualitasnya luar biasa, dan nantinya gedung ini akan menjadi ikon madrasah ini kedepan,” tandas Rommy. (Vhany/raya/R@ja)

Tinggalkan Balasan