Kepala MAN 1 Kab. Gorontalo, Rommy Bau saat menerima kunjungan tim Monev PLP 2 UNG.

KABGOR (man1kabgorontalo.sch.id) – Memasuki pertengahan waktu pelaksanaan masa praktik Pengenalan Lingkungan Persekolahan (PLP) 2, tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) PLP 2 Universitas Negeri Gorontalo (UNG) kunjungi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kabupaten Gorontalo.

Tim monev disambut Kepala MAN 1 Kab. Gorontalo Rommy Bau di ruang kerjanya, Senin (05/10/2020) siang. Dikonfirmasi usai kunjungan tersebut, Rommy menerangkan bahwa selain melakukan monitoring terhadap para mahasiswa, pertemuan tersebut juga menjadi moment silaturahmi antara pihak madrasah sebagai mitra kerja tempat pelaksanaan PLP 2 dengan pihak Universitas Negeri Gorontalo.

“Monev yang dilakukan oleh tim dari UNG bertujuan untuk melihat perkembangan kegiatan yang dilakukan mahasiswa selama berada ditempat kerja. Melalui kunjungan itu diharapkan pihak kampus dapat mengetahui langsung kendala – kendala yang dihadapi mahasiswa selama melaksanakan PLP, serta kendala madrasah tempat pelaksanaan PLP. Hal ini untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan pada pelaksanaan PLP mendatang,” terang Rommy.

Lebih lanjut Rommy menyampaikan, pada kesempatan tersebut kepada tim UNG dirinya juga melaporkan apa saja kegiatan madrasah yang dilaksanakan dengan melibatkan mahasiswa, seperti halnya dalam proses pembelajaran daring, baik melalui e-learning madrasah maupun via zoom meeting walaupun tengah menjalankan program Kuliah Kerja Nyata (KKN).

“Kepada tim Monev, saya juga melaporkan progress dari PLP 2, yang berdasarkan hasil pemantauan sebagai VIP pada aplikasi e-learning bahwa saat ini mahasiswa tetap aktif mengajar secara daring. Selain itu, proses pembimbingan oleh guru pamong dimulai dari administrasi sampai proses ,pembelajaran maupun pencarian solusi terhadap kendala dalam pembelajaran, terus dilakukan via whatss app grup dan zoom meeting diwaktu-waktu tertentu. Sehingga para mahasiswa mengetahui dan memahami tugas dan fungsi dari seorang tenaga pendidik,” tutur Rommy lagi.

“intinya, hasil monev hari ini mendapat temuan bahwa pelaksanaan PLP 2 di MAN 1 Kab. Gorontalo tetap berlangsung sebagaimana yang diharapkan meskipun ada-ada saja masalah kecil yang berasal dari sebagian individu mahasiswa, namun hal tersebut dapat diselesaikan dengan baik. Saya pun berharap kesan baik tersebut akan tetap bertahan sampai masa PLP 2 tahun ini berakhir. Sehingga kerjasama akan terus berlanjut demi peningkatan mutu pendidikan yang lebih baik lagi,” tandasnya. (Vhany/raya/R@ja)

Tinggalkan Balasan