MAN 1 KABUPATEN GORONTALO

MAN 1 KABUPATEN GORONTALO

KIR Ozava MAN 1 Kabgor Mulai Bersiap Ikut OPSI 2024

Pembimbingan Proposal OPSI bertempat di Ruang Riset MAN 1 Kabupaten Gorontalo

MARISAPA (man1kabgorontalo.sch.id) – Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) Oryza Sativa Var Glutinosa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kabupaten Gorontalo (Kabgor) kini Tengah melaksanakan penyusunan proposal Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Tahun 2024.

Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) adalah salah satu ajang talenta bagi peserta didik SMA/MA yang bertujuan sebagai wadah pengembangan prestasi dan pembentukan kepribadian siswa mandiri dan tangguh. Kegiatan tersebut dapat meningkatkan integritas, kemampuan berfikir  logis dan analitis, kemampuan bekerja sama, dan keterampilan membuat karya ilmiah baik secara lisan melalui presentasi maupun karya tulis ilmiah.

Salah seorang Pembina KIR Ozava Sri Windi Akuba saat diwawancarai humas madrasah, Selasa (16/1/2024) diruang riset mengatakan, pada tahun 2023 MAN 1 Kabgor berhasil mengirimkan 21 Karya  dan lolos ke tahap dua hanya sebanyak 16 tim. Meskipun tidak sampai dibabak final saat itu, tidak akan mematahkan semangat dari Peserta Didik Program Unggulan Riset. Olehnya, Tahun 2024 KIR Ozava kini berjuang menyelesaikan 38 Karya untuk bersaing pada ajang OPSI 2024 mendatang. Baik dari segi keilmuan bidang Ilmu Sosial Humaniora (ISH), bidang Matematika, Sains dan Teknologi (MST), dan bidang Fisika Terapan Rekayasa.

”Saat ini anak-anak riset sementara penyusunan naskah kemudian akan ada presentasi proposal untuk merampungkan tulisan dan meminta masukan dari setiap penguji termasuk Kepala Madrasah dan beberapa pendidik. Penyusunan proposal ini dibimbing langsung oleh pembina riset yang diketuai oleh Melvatria Karim, Rinna Amelia Polihito dan saya sendiri. Semakin sering berlatih dan tampil didepan orang semoga dapat melatih skill meneliti anak-anak serta skill menyusun karya tulis ilmiah sejak dini,” jelas Windi

Selanjutnya, Windi menambahkan bahwa pembimbingan dilakukan setiap hari pukul 14.00 sampai dengan pukul 15.00 WITA pada jam program unggulan. Akan tetapi untuk Peserta Didik yang mengambil 2 Program Unggulan sekaligus maka jadwal bimbingannya dibagi 2, untuk kelas XI setiap hari Senin-Selasa & kelas X setiap hari Rabu-Kamis. Pembimbingan dilakukan secara rutin dengan pembimbing dari masing-masing bidang tersebut.

”Setiap harinya ada jadwal untuk pemeriksaan Proposal Penelitian OPSI yang telah dibuat oleh Peserta Didik. Semoga target tahun ini proposal OPSI MAN 1 Kabgor bisa lolos sampai Nasional aamiinnn,” harapnya. (Rinna-Vhany).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *