Kepala MAN 1 Kabgor Dukung Pelaksanaan PAT Berbasis CBT

  • Jumat 07 Februari 2020 08:12:12
...Kepala MAN 1 Kab. Gorontalo Rommy Bau saat memantau aktivitas peserta didik mengikuti pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun berbasis Computer Based Tes

KABGOR (man1kabgorontalo.sch.id) – Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kab. Gorontalo Rommy Bau, Selasa (04/02/2020) memantau pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT) Semester Genap Tahun Ajaran 2019-2020 yang berbasis komputer atau Computer Based Test (CBT) di laboratorium komputer.

Usai memantau pelaksanaan PAT, kepada awak Humas Cristivani Nasaru, Rommy menjelaskan bahwa manfaat IT dalam proses kegiatan belajar mengajar (KBM) maupun evaluasi pembelajaran sangat besar. Oleh sebab itu madrasah akan memberikan dukungan penuh demi suksesnya kegiatan pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun tersebut.

“Dukungan madrasah berupa penyiapan infrastruktur, server, dan penginputan soal-soal sudah saya optimalkan, melalui kerjasama semua pihak dan di bawah pengawasan Wakil Kepala Madrasah bidang Kurikulum dan Sarana Prasarana demi kesuksesan ujian CBT ini,” jelas Rommy.

Menurutnya, penerapan CBT lebih mudah digunakan dan memiliki fungsi fleksibel, dapat dilihat dari penghematan penggunaan kertas yang digunakan, belum lagi penghematan waktu bagi tenaga pendidik dalam memeriksa dan menganalisis hasil ujian, serta yang terakhir adalah memudahkan peserta didik dalam menjawab soalnya.

Sementara itu, salah satu operator madrasah sekaligus tenaga pendidik MAN 1 Kab. Gorontalo Agus Husain ditemui Humas di ruang kerjanya mengungkapkan, adanya evaluasi berbasis CBT ini sangat membantu para pendidik, baik dari sisi kemudahan pelaksanaannya, juga dari sisi waktu serta efisiensi pemeriksaan hasil yang diperoleh peserta didik.

“Ujian berbasis CBT pada semester genap adalah untuk mempermudah pendidik dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran, karena cukup menekan tombol enter hasilnya sudah langsung keluar,” ungkap Agus.

“Hanya saja memang sebagai operator, kami membutuhkan waktu juga untuk menyiapkan template soal yang akan diujikan, karena ini tergantung pada kesiapan masing-masing pendidik yang menyetorkan soalnya, namun jika semua bisa bekerjasama semua akan terasa mudah,” imbuhnya. (Vhany/raya/R@ja)(Rizky)

Tinggalkan Balasan