Talkshow bersama Sekjen LAN RI dan Duta Bela Negara pada Webinar Literasi Peringatan Hari Kartini.

KABGOR (man1kabgorontalo.sch.id) – Kepala Perpustakaan Ibnu Rusyd Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kabupaten Gorontalo (Kabgor) Nurmiyati, ikuti Webinar Literasi yang digelar oleh Pusat Perpustakaan Nasional RI berkolaborasi dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI, Selasa (20/4/2021).

Seminar virtual tersebut menghadirkan Ketua MPR RI Puan Maharani sebagai keynote speaker, dan Sekretaris Utama LAN RI Reni Suzana, Duta Bela Negara serta Ketua Yayasan Generasi Lintas Budaya Olivia Zalianty sebagai narasumber pada talkshow yang mengangkat tema ‘Peran Kartini Masa Kini dalam Meningkatkan Budaya Literasi’.

Dikonfirmasi terkait dengan kegiatan itu, Kepala Perpustakaan Ibnu Rusyd Nurmiyati menyampaikan, literasi merupakan kemampuan dasar yang dapat dijadikan pijakan untuk menghadirkan kehidupan yang lebih baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Selanjutnya ia juga mengatakan, pada momentum hari Kartini diharapkan agar para perempuan bisa ikut berperan dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa melalui peningkatan budaya literasi yang menjadi parameter kemajuan dan peradaban suatu bangsa. 

“Dengan kemampuan literasi yang baik, kita akan dapat menyerap ilmu pengetahuan, berkomunikasi secara tertulis, berpikir kritis, dan memiliki keahlian menyelesaikan masalah, sebab untuk memajukan peradaban bangsa Indonesia, maka harus memajukan pula budaya literasi. Selain itu, literasi juga membelajarkan tentang membutuhkan kepekaan kita terhadap lingkungan sosial, peduli antar sesama, dan menebar manfaat bagi orang banyak,” ungkap Nurmiyati.

“Di momen Kartini ini, kita para perempuan diharapkan dapat membangun pondasi fundamental di masa depan. Dengan meneladani keberanian Retno Ajeng Kartini mengungkap ide/gagasan menggunakan kemampuan menulisnya, maka para kartini masa kini akan mampu mempertahankan eksistensinya untuk menjadikan bangsa Indonesia yang berjaya,” tandasnya. (Vhany/raya/R@ja)

Ka.Pus Ibnu Rusyd: Literasi untuk Meningkatkan Eksistensi para Kartini Masa Kini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error

Bagikan

Follow by Email
YouTube