MAN 1 KABUPATEN GORONTALO

MAN 1 KABUPATEN GORONTALO

4 Tim MYRES MAN 1 Kabgor Melaju ke Tahap Presentasi Proposal

Lampiran Pengumuman Hasil Penilaian dan Review Proposal MYRES Tahun 2024

MARISAPA (man1kabgorontalo.sch.id) – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kabupaten Gorontalo berhasil meloloskan 4 (empat) tim riset melaju tahap presentasi proposal pada ajang Madrasah Young Research Super Camp (MYRES) dalam bidang Matematika, Sains dan Teknologi (MST) dan bidang Ilmu Sosial Humaniora (IHS).

Informasi ini diperoleh dari edaran Pengumuman Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Kementerian Agama RI Nomor: B-705/DJ.I/Dt.I.I/HM.01/07/2024 tentang Hasil Penilaian dan Review Proposal Peserta MYRES Tahun tertanggal 3 Juli 2024.

3 tim dari bidang MST antara lain: 1) Kirana Putri Amar, Naflah Khirania Diko, & Salsa Oktaviani Nihe dengan judul Higienitas Sanitasi Serta Identifikasi Escherichia coli dan Salmonella pada Minuman Sarabba Food Court Limboto; 2) Mohamad Fajar Rivai berjudul Inovasi Citracanum Sunspray : Proteksi Sinar UV dan Penyakit DBD di Gorontalo; 3) Rendi dan Mohammad Fajrul Falah Datau dengan judul Inovasi IC2SD : Ilabulo Combustion Smoke Suction Device Filter Adsorben Ekstrak Samanea Saman. Dan 1 tim dari bidang IHS yaitu Mutiara Saskia Buhungo & Marwan Kobi dengan judul proposal Analisis Motivasi Recruitmen Drive : Studi Kasus pada Anggota KIR Ozava Progul Riset Marisapa Gorontalo.

Menanggapi hasil pengumuman tersebut, salah seorang pembina riset Melvatria Karim saat diwawancarai humas menjelaskan bahwa tahapan yang dilalui akan dilalui peserta MYRES masih beberapa langkah lagi untuk bisa sampai ke babak final. Ia berharap semoga pada presentasi proposal nanti peserta dapat tampil maksimal, pasalnya pembimbingan persiapan presentasi hanya full via online saja karena bertepatan dengan kegiatan peningkatan kompetensi yang diikuti para pendidik dan tenaga kependidikan di Manado.

“Proses pelaksanaan Myres ini terdiri dari tahap pendaftaran kemudian seleksi administrasi (kelengkapan persyaratan dan cek similarity dan proposal) dan proposal, selanjutnya tahapan presentasi proposal, kemudian pelaksanaan penelitian dan bimbingan, presentasi hasil penelitian, dan Grand Final, Expo Hasil Penelitian serta Apresiasi. Alhamdulillah 4 tim kita berhasil melangkah ke tahap presentasi proposal dan masuk dalam 120 besar peserta. In syaa Allah tim ini dapat bertahan sampai ke grand final dan masuk TOP 3 besar, aamiinnn,” jelas Melva

Dalam kesempatan yang sama pula, Kepala Madrasah Rommy Bau menyatakan kebanggaanya atas  pencapaian peserta dan mengapresiasi kerja keras tim riset dalam mempersiapkan dan menyajikan proposal penelitian.

Lolosnya 4 tim ke tahapan presentasi ini menurut Rommy sangat baik untuk mempromosikan inovasi dan kecerdasan peserta didik MAN 1 Kabgor dalam bidang riset dan teknologi. Ia juga mengungkapkan harapannya agar keberhasilan tersebut dapat menginspirasi peserta didik dari madrasah lain untuk lebih aktif berpartisipasi dalam kegiatan ilmiah dan riset.

“Kami semua mengucapkan selamat kepada tim riset MAN 1 Kabgor atas pencapaian luar biasa ini dan berharap kepada anak-anakku dan pembimbingnya tetap semangat, semoga dapat terus menginspirasi dan memberikan kontribusi yang berarti dalam dunia riset dan inovasi di masa depan. Langkah kita masih panjang, jangan lengah atau lelah karena tantangan semakin besar,” ungkap Rommy

“Sudah pasti persaingan ini makin ketat sebab kita masih harus bersaing dengan tim-tim terbaik dari seluruh Indonesia untuk kembali mengukir prestasi Myres tahun ini. Kalau tahun 2023 bisa juara 3 Nasional, siapa tahu dengan pengalaman kemarin kita jadi juaranya di tahun ini. Tidak ada yang tidak mungkin, selama kita berusaha dan berjuang In syaa Allah diberikan kelancaran dan kemudahan, aamiinn,” pungkasnya. (Vhany)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *