MAN 1 KABUPATEN GORONTALO

MAN 1 KABUPATEN GORONTALO

25 Buku Pesdik Hasil P5PPRA MAN 1 Kabgor dilaunching Bupati Gorontalo

Bupati Gorontalo Prof. Dr. Nelson Pomalingo saat melaunching 25 Buka hasil karya Peserta Didik MAN 1 Kab. Gorontalo

MARISAPA (man1kabgorontalo.sch.id) – Bupati Gorontalo Prof. Nelson Pomalingo resmi meluncurkan (launching) 25 Produk Buku hasil karya peserta didik Madrasah Aliyah Negeri pada acara puncak perayaan Milad madrasah ke-44 dan penutupan Pekan Olahraga & Seni (Porseni) di Halaman Gedung Workshop Keterampilan dan Pembelajaran, Jum’at (24/11/2023).

Turut hadir pada kegiatan tersebut Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gorontalo Fory Armin Naway, Kabid Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Provinsi Gorontalo Arfan Tilome, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Gorontalo Sumanti Maku, para pengawas dan Kepala Madrasah se Kab. Gorontalo dan Tim Pengembang Kurikulum (TPK).

Dalam sambutannya, Bupati Gorontalo mengaku bangga dengan kreativitas dan inovasi peserta didik MAN 1 Kabgor sehingga mampu menghasilkan 25 judul buku yang berisi informasi, kisah dan sejarah Gorontalo.  Lanjut dirinya menambahkan, salah satu yang melatarbelakangi pembentukan Provinsi Gorontalo diantaranya adalah Tingkatan Kesejahteraan, Pelayanan, dan Pembangunan Jatidiri. Melalui penulisan buku tersebut, peserta didik telah berkontribusi dalam membangun jati diri sebagai orang Gorontalo.

“Saya baru kali ini diundang menghadiri launching buku karya peserta didik, biasanya buku ini dibuat oleh pendidik atau dosen ternyata adik-adik disini sudah lebih dulu membuatnya. Negara, Daerah yang maju itu salah satunya ditunjukkan melalui kreativitas dan Inovasi. Jika orangtua dulu menceritakan kisah itu lewat lisan, sekarang orang modern menuangkannya dalam tulisan agar informasi/ilmu tidak hanya dinikmati sekarang tapi akan terus berlanjut secara turun temurun lintas generasi. Nah, sejarah yang dibuat oleh adik-adik sekalian adalah membangun jati diri kita sebagai orang Gorontalo, adik-adik sudah mewarnai Provinsi Gorontalo ini melalui penulisan buku,” tutur Nelson.

Lebih lanjut terkait kegiatan, Panitia Launching Buku Laili Masithoh Hamdiyah menerangkan, karya buku yang mengangkat tema “Kearifan Lokal” dan subtema “Menemukan Sejarah Gorontalo” merupakan tahapan akhir dari salah satu Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila & Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5PPRA) peserta didik MAN 1 Kab. Gorontalo.

“Informasi yang tertuang dalam setiap lembar buku ini mereka peroleh dari hasil lawatan Sejarah yang dilakukan beberapa bulan kemarin pada tahapan Kontekstualisasi dan tahap Aksi P5PPRA. Informasi ini kemudian mereka rangkai dalam bentuk tulisan dengan desain menarik disertai visualisasi gambar. Kami pun melibatkan tim Perpustakaan Ibnu Rusyd sebagai tim editor dan beberapa pendidik tergabung dalam tim Redaksi, serta anak-anak Program Multimedia untuk bagian desain bukunya biar lebih menarik untuk dibaca,” terang Laili.

“Semoga karya buku ini menambah wawasan dan pengetahuan kita untuk mengenal lebih jauh tentang sejarah Gorontalo sekaligus dapat menjadi bahan referensi bagi peserta didik maupun masyarakat pada umumnya,” imbuhnya lagi.

Adapun judul buku hasil karya P5PPRA tersebut antara lain:

  1. Sejarah SDN 61 Gorontalo
  2. Benteng Orantje
  3. Raja Bobihoe
  4. Sejarah Sultan Botutihe
  5. Kampung Pecinan di jalan penghoeloe
  6. Cahaya Tumbilotohe Penerang dikala Kegelapan
  7. Jembatan Potanga
  8. Nani Wartabone
  9. Benteng Otanaha
  10. Senjata Tradisional Gorontalo
  11. Janjia U’duluwo Limo Pohala’a
  12. Museum Pendaratan Pesawat Amfibi Soekarno di Gorontalo
  13. Benda Peninggalan Sejarah Nani Wartabone
  14. Kantor Pos
  15. Sejarah Sultan Amay
  16. Pahlawan Gorontalo, Prof. Dr. dr. H. Aloei Saboe
  17. Peristiwa Pendaratan Ir Soekarno
  18. Koleksi Etnografi Gorontalo
  19. Djalaludin Tantu
  20. 23 Januari Detik-Detik Kemerdekaan Gorontalo
  21. Sejarah Masjid Agung Baiturahman
  22. Sejarah Benteng Nassau
  23. Kusno Danupoyo
  24. Masjid Hunto Sultan Amay
  25. Tokoh-Tokoh Spritual Gorontalo. (Vhany)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *